Kamis, 09 Mei 2013

BELAJAR HUKUM NEWTON, ENERGI DAN PESAWAT SEDERHANA di Taman Pintar



1.        KIT keseimbangan bola









·           Pada fenomena keseimbangan bola, sebuah bola plastik dapat mengapung beberapa kaki di atas blower (alat peniup udara) dikarenakan berat bola menimbulkan gaya kebawah, karena adanya massa benda dan gaya gravitasi bumi. Tekanan angin dai blower merupakan gaya keatas. Ada 3 kemungkinan yang akan terjai pada bola, yaitu:
                                                                   i.              Jika gaya tean ke atas sama dengan berat benda, maka bola akan mangapung di udara.
                                                                 ii.              Q2Jika gaya ke atas lebih kecil, maka bola akan jatuh.
                                                               iii.              Jika gaya tekan ke atas terlalu bersar maka bola akan terlempar jatuh.
2.    KIT Badut.

3.    KIT Mesin torak uap
·         Uap dari ketel dialirkan melaui pipa uap menuju sebuah ruangan untuk menahan sementara uap air sampai dapat dialirkan ke ruang silinder.Uap dialirkan melalui pinu 1 masuk ke silinder.Tekanan uap menggerakkan piston menuju ujung kanan ruang silinder.Uap yang digunakan di sebelah sisi lain piston ke luar melalui pintu 2 dan dari situ terus ke pipa pembuangan.Apabila piston didorong ke ujung kanan silinder,maka katup geser bergerak ke kiri sehingga sekarang uap memasuki pintu 2.
·         Uap yang digunakan didorong keluar melalui pintu 1 ke pipa pembuangan yang lain.Dengan demikian piston akan bergerak maju mundur di dalam silinder selama uap mengalir.Dengan  bantuan poros engkol,piston dan tangkai penghubungnya menggerakkan roda besar yang disebut roda gaya.
·         Roda akan menggerakkan mesin berajalan dengan baik.Pada pangkal poros engkol juga diletakkan tutup yang bisa bergeser.Maka ketika poros bergeser,tutup geser akan bergerak maju mundur sehingga menutup pintu 1 dan 2 secara bergantian.
4.    KIT Sistem Katrol
·      Keutungan mekanis suatu katrol dipengaruhi oleh banyaknya tali yang menopang beban.




 



5.    KIT Sel Surya
·         Bila sel surya itu terkena cahaya matahari, maka timbul elektron da hole. Elektron-elektorn dan hole-hole yang timbul di sekitar p-n junction bergerak berturut-turur ke arah lapisan n dan ke arah lapisan p. Sehingga pada saat elektron-elektron dan hole-hole itu meleintasi p-n junction, timbul beda potensial pada kedua ujung sel surya. Jika pada kedua ujung sel surya diberi beban maka timbul arus listrik yang mengalir melalui beban.                                                                                                                            Bahan silikon Monokristalin dan Polykristalin paling banyak dipakai dalan sistem Photo-Voltaic (PV) sebagai bahan aktif untuk sel surya. Sebuah sel surya tunggal dapat menghasilkan listrik searah 3 volt ampere (VA). Sel-sel ini dapat dibuat dalam berbagai ukuran yang diinginkan dengan jalan menghun=bungkan seri sel_sel yang sam untuk membentuk modul sel surya dengan keluaran yang diperlukan.

0 komentar:

Posting Komentar